The Thinker versi Mangkatip Kalteng

Beroooo berooooo…

image

Disini Saya Kaptennya ! :p

Cerita kali ini akan diceritakan dengan sedikit ingin berteriak !Kenapa?! Yaaa karena pada versi Mangkatip yang berada di sisi Sungai Barito tepatnya ada di Kelurahan Mangkatip Kecamatan Dusun Hilir Kabupaten Barito Selatan Provinsi Kalimantan Tengah ini merupakan pengalaman pertama saya yang mungkin sedikit senang namun kebanyakan pusingnya…bisa dibilang pusing karena ini karena itu dan karena sebagainya…hehe yaa karena di proyek ini saya ditunjuk sebagai koordinator lapangan dimana tugasnya adalah mengkoordinir tim dari mulai berangkat sampai pulang lagi dengan selamat..harus diingat dengan selamat dunia akhirat berooo ! Selain itu ngurus tim mulai dari tempat tinggal, makan, sampai kebutuhan-kebutuhan tim di lapangan yang tentunya si yang namanya duit tuh yang notabene nya punya kantor saya yang pegang dan yang bikin pusingnya adalah buat laporan keuangan…Belum beres berooo tugas saya pun satu lagi adalah menjadi surveyor Batimetri tapi pada kenyataannya saya basa basi menjadi geodetic engineer, pura-pura pintar dan seolah-olah mengerti dari A sampai Z tapi kenyataannya saya bukan lah apa-apa hanya bisa berusaha untuk bekerja sebaik mungkin tanpa suatu celah kesalahan dan meminimalisir keadaan sebagai manusia.

“Pada prinsipnya saya mempunyai kemampuan untuk berpikir lebih, berusaha lebih dan meminimalkan setiap kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi dengan mental, hati dan pikiran karena ikhlas karena Allah”

maaf beroo bukan ingin sombong bukan pula ingin kepedean tapi percaya pada kemampuan sendiri itu penting. Mengapa? Yaa bisa dikatakan kita akan tau dimana kita bisa berbuat lebih banyak dari kelebihan kita dan dimana kita bisa bertahan untuk mendapatkan yang lebih dari kelemahan kita.

Kembali lagi ke pembahasan alias cerita sebagai koordinator lapangan beroo..Gini bisa dibilang stres iya, bisa dibilang lieur memang iya dan bisa dibilang haseum juga nu penting mah puas lah dengan kata-kata yang keluar… Stres pertama adalah harus beradaptasi dengan keadaan diluar kebiasaan kita (mandi,cuci piring, cuci pakaian, buang air besar kecil pakai air sungai yang airnya mengalir dari hulu sampai entah kemana yang pasti bermuara ke laut)…tidak mengenakan kalau dibayangkan tapi mudah dijalani ko..hahaha *pembelaan bray. Beralih dikit bray : sebuah pertanyaan dalam otak saya berkata : “apakah penduduk desa yang berada di sisi sungai itu mempunyai kamar mandi atau tidak?” ini nih yang disebut hebat bahwa Indonesia saking kaya nya akan sumber daya alam air sungai pun dimanfaatkan multi fungsi (mandi, buang air, buang sampah dll) tentunya penduduknya pun hebat bisa memanfaatkan itu semua tanpa gatal dan berpenyakitan serta bertahan dalam keadaan tersebut…Memang luar biasa kekuatan sang pencipta Allah SWT dengan kekuatannya bisa memberikan kemampuan yang adil pada setiap manusia, sehingga orang-orang desa itu mamu hidup dalam keadaan tesbut dibandingkan orang-orang yang tinggal di keramaian dengan fasilitas yang ada..ko bisa begitu?Ya pikirin aja sendiri..hehe udah males ngejelasinnya😛 Namun yang membuat penasaran apa dari sekian penduduk disana dan kondisi tanah disana apa memungkin kan untuk mendapat air tanah yang bersih seperti sumur?ah saya tidak tau, ingin memikirkannya namun masih banyak pikiran-pikiran lainnya.

image

Ini rumah nya

Kembali lagi deh y..

Terus yaa lieur yang kedua adalah lieur bin pusing mikirin tim baik batimetri yang ditunjuk jadi surveyor nol experience dan terlihat kaku dilapangan dan saya yang masih belum mahir mauun topografi yang surveyornya bisa dikatakan masih perlu pendewasaan..Lieurnya g ketulungan deh disamping mikirin data, mikirin besok survei bagaimana, data udah bener atau belum, data ada yang kurang nggak, surveyornya dateng langsung tidur terpaksa deh ngabatin tong dipikiranm pikiran mah sorangan we dan mikiran duit yang entah cukup atau tidak yang penting laporan. Untungnya ada simpanan sendiri jadi kurang lebihnya bisa diatur bray

note : kalau ada dipercaya sebagai pengatur keuangan dilapangan jangan lupa disisihkan lebih-lebihnya itu dan kalau mau aman adalah dilebihin aja tapi yang masuk akal karena ini akan berguna pada saat anda kekurangan uang. Insya Allah aman . Yang penting jangan sampai kelabakan sendiri karena orang kantor tidak peduli sama sekali dan mereka hanya berpikir dilapangan itu pengeluaran sekecil-kecilnya dan tutup mata terhadap permasalahan dilapangan ! So berpikir apa lagi yang penting kita di lapangan safe OK. kalau ada lebih-lebihnya yaa untung-untung untuk makan-makan tim dan snak.

Hapeuk yang ketiga adalah seperti sepenggalan note di atas bahwa “orang kantor tidak peduli sama sekali dan mereka hanya berpikir dilapangan itu pengeluaran sekecil-kecilnya dan tutup mata terhadap permasalahan dilapangan !” segala bentuk anggaran itu ditekan beroo sampai titik terrendah dan yang bikin malesnya adalah ketika kesepakatan awal itu dirubah.Capek deh Hapeuk !

Biarlah ini sebagai pembelajaran beroo, biarlah teriakan teriakan itu keluar begitu adanya bukan tanpa maksud bukan pula ingin menjelekan orang dan membicarakan hal-hal yang dianggap tabu bagi yang membacanya, biar pula ini awal dari kesuksesan untuk menjadi seorang yang kuat, biar juga ini pengalaman yang indah sekaligus menjenuhkan dalam hidup dan biarlah menjadi tahap kenaikan kelas menjadi seorang profesional dalam bidangnya serta biarlah saya ini akhiri.

Terima kasih.

FS

Dokumentasi keceriaan disana

image

Lagi SOUNDING

image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s