ADA APA DENGAN SKRIPSI ??!

SKRIPSI merupakan suatu istilah untuk tugas akhir mahasiswa agar mendapatkan gelar Sarjana nya, entah dari mana isitilah itu datangnya dan dari mana awal mulanya serta oleh siapa diadakannya? Bukan lah sesuatu yang tidak penting untuk dibahas namun ada yang lebih penting dari arti istilahnya. Yaa untuk lebih jelasnya bagi mahasiswa tingkat akhir akan lebih mengenal dan merasakan secara langsung.

Disini lah awal mulanya langkah yang kecil-kecil seorang mahasiswa yang akan memantapkannya ke dunia nyata dalam artian kuliah bukan sesuatu yang maya namun kuliah hanya lah sebagian kecil dari kehidupan sebagai makhluk yang berketuhanan yang Maha Esa serta makhluk sosial. Dalam perkuliahanlah pembelajaran itu dimulai untuk menjadi manusia yang bernilai dan dewasa baik dari keilmuannya, organisasinya maupuan pengaplikasiannya terhadap masyarakat. Selain itu bagi saya sendiri kuliah hanyalah suatu membentuk pola pikir dan sikap mental serta selebihnya membentuk keahlian yang akan kita tuju sesuai bidang yang akan kita capai dalam berkarir.

Yaa begini lah mahasiswa tingkat akhir dituntut harus mengambil SKS yang namanya SKRIPSI karena tuntutan orang tua (“Aa kapan lulus? Ayeuna the kan tos tingkat akhir?sok atuh enggal-enggal lulus biar cepet dapet kerja” *Pertanyaan seorang bapak kepada anaknya dalam bahasa sunda) dan mungkin tuntutan orang-orang sekeliling kita baik itu teman sekelas sendiri yang mungkin karena terlalu pintar dan rajin yang sesegera mungkin sudah mengambil SKS ini lebih awal ketika semester 7 dan lebih cepatnya akhir semester 7 sudah maju untuk seminar UP alias Seminar USULAN PENELITIAN. Syukur-syukur Alhamdulillah tuntutan itu kita bisa jalani dengan tidak ada beban SKS lain yang harus diambil dalam artian “mengulang kuliah” ya ketika itu terjadi mau tidak mau harus dijalani demi kebaikan nilai akhir kita dalam ijazahkan. Apapun itu dan apapun yang terjadi terhadap SKS yang nama nya skripsi harus lah dijalani.. karena SKS ini memang TUNTUTAN.

Tuntutan itu pun tidak selesai sampai hanya mengambil mata kuliah ini yang pasti harus dijalani dan yang mungkin segala godaan baik itu ingin liburan atau bermalas-malasan, GALAU *menurut mahasiswa sekarang baik akibat data, judul, sang pencerah belum kunjung tiba sampai segala aspek teknis administrasi alias TANDA TANGAN sana sini untuk mendapat Acc atau pun Surat resmi jenis apapun. Mungkin inilah yang namanya suatu HAMBATAN sekaligus TANTANGAN Skripsi. Ketika hambatan datang itu banyak pilihan dalam otak kiri dan kanan “Ayo mas lanjutkan semangat-semangat insya Allah beres, masa udeh nyerah aja” eh si otak satu lagi “Udah mas besok lagi aje, sekarang mah download film aja yang banyak nonton dulu yang seger-seger atau nggosip dulu ke banyak obrolan ni”.

Hadeeeeuh disini lah Tantangan itu akan muncul karena kondisi kita emang dalam keadaan GALAU yang pasti mah kegelisahan akan menjadi jadi sampai titik terrendah kebingungan itu terdapat, sampai terlahir kembali pikiran-pikiran cerah itu dengan semangat ’45 yang siap berjuang dengan harap-harap cemas “menunggu”. Tantangan nya pun  beragam loh, kenapa tidak?Ketika kondisi kita yang hanya SKS skripsi otomatis kita harus memfokuskan waktu tenaga dan pikiran ke arah sana namun dalam sisi lain waktu kita ternyata memang dalam keadaan yang sangat luang dan sangat dimungkinkan Tuntutan skripsi ini akan menjadi malas akibat hambatan-hambatan tadi. Eh ketika waktu luang itu di pakai liburan dan segala macam hiburan tetap saja beban tuntutan tadi masih ada di otak. So?Bagaimana kita menyikapinya? Yaa itu lah yang namanya semangat benar-benar harus dijaga dan selebihnya terserah anda.

Dalam tuntutan SKS skripsi ini mulai lah dengan yang namanya RMUP alias pengajuan judul ke dosen wali dan acc Kepala Laboratorium dan penunjukan pembimbing oleh PD 1, disini aja berbagai administrasi dan revisi harus dilalui. Eh masuk masuk ke UP galau lagi dah dengan namanya PENDAHULUAN, TIPUS dan BAHAN METODE serta DAFTAR PUSTAKA dalam artian Bab 1 2 dan 3 serta Dapus. Segala kericuhan dalam otaak muter muter harus bagaimana posisi dan alur cerita dalam penulisannya. Udah beres tuh yang nama nya draft yang harus di kasi ke kedua pembimbing dan disini lah waktunya menunggu sampai beres direvisi, ketemu-ketemu bimbingan dengan panjang lebar dan revisian yang banyak belum tentu ngerti dengan apa yang dimaksud tapi harus tetep ngbenerin tuh yang namanya DRAFT ! biar bisa masuk yang namanya SEMINAR USULAN PENELITIAN dengan berbagai administrasi dan birokrasinya. Setelah beberapa kali bimbingan hari ini tanggal tanggal 23 Februari 2012 draft pun di ACC. Bukannya tidak senang tapi malah bingung sendiri dengan keadaan..OTAK berkata “emang udah siap?” “mau ngapain di Seminar UP?” hadeuh harus mantapkan segala sesuatunya biar ga blahbloh men ! galau-galau tapi pasti ada jalan, bingung dengan keadaan cari keadaan yang tidak membingungkan. Kondisi/keadaan yang tau hanya kita, so kita sendiri yang mengatur keadaan sendiri bukan keadaan yang mengatur kita. Allah pasti memberi jalan atas jalan yang kita udah tempuh ya klo g ke kanan pasti ke kiri atau ga tinggal lurus aja, gampangkan?!

Perjalanan kali ini masih panjang coy, tetep semangat ngejalaninnya OK. Mau pilih MEI, AGUSTUS NOVEMBER ATAU FEBRUARI tahun depan itu terserah bagaimana menyikapinya dan menjalani. Yang pasti ALLAH akan memberikan jalan setiap apa yang kita inginkan dan yang kita butuhkan. Aamiin selalu berdoa, berusaha dan tersenyum.🙂

SEE YOU GRADUATION !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s