PEMETAAN LAJU PERUBAHAN LUAS LAHAN HUTAN MANGROVE DI SEBAGIAN TAMAN NASIONAL BALI BARAT MENGGUNAKAN CITRA SATELIT ALOS

Firman Setiawan

Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran

pmanandthemarine@yahoo.com

ABSTRAK

Permasalahan utama kerusakan mangrove di Indonesia adalah adanya konversi lahan dan eksploitasi. Penggunaa teknologi penginderaan jauh dapat digunakan untuk inventarisasi data dan informasi agar memudahkan dalam rehabilitasi dan konservasi hutan mangrove. Berdasarkan hal tersebut  tujuan “Pemetaan Laju Perubahan Luas Lahan Hutan Mangrove Di Sebagian Taman Nasional Bali Barat Menggunakan Citra Satelit ALOS”. Adalah untuk mengetahui kerapatan hutan mangrove di sebagian Taman Nasional Bali Barat selama 2 tahun yaitu pada tahun 2008 dan 2009 dan mengetahui cara memprediksi laju perubahan lahan hutan mangrove di sebagian Taman Nasional Bali Barat.

Pengolahan data citra yang dilakukan menggunakan perangkat ENVI 4.4 dengam mengkomposit citra dengan band 4, 3, 2 , melakukan pemisahan antara vegetasi mangrove dan non mangrove, masking citra, transformasi NDVI untuk pengklasifikasian dan  penghalusan citra . Dalam perangkat Arc GIS 9.3 ini dilakukan penglayoutan peta dengan menambah judul, teks, legenda, arah mata angin, skala bar , skala teks dan gambar serta penambahan grid pada peta tersebut.

Ekosistem Hutan mangrove di sebagian Taman Nasional Bali Barat pada tahun 2008 didominasi oleh klasifikasi kerapatan “sedang”. Sedangkan pada tahun 2009 didominasi oleh kerapatan “rapat”. Dalam memprediksi laju perubahan hutan mangrove pada tahun 2008 dan tahun 2009 ini dengan cara 3 analisa yaitu dengan perkembangan digital numbernya yang menunjukan nilai minimalnya berubah dari 0.003518 menjadi 0.004786 dan nilai maksimalnya berubah dari 0.48503 menjadi 0.559322, perkembangan luasan area hutan mangrove itu meningkat dari tahun 2008 ke 2009 yang luasnya 2,885,400 Meters² menjadi 3,083,800 Meters² dan perkembangan wilayahnya ada perubahan, yaitu peningkatan pertumbuhan.

Kata kunci : Perubahan Luasan, Mangrove, Taman Nasional Bali Barat, Citra Satelit ALOS

DOWNLOAD

3 thoughts on “PEMETAAN LAJU PERUBAHAN LUAS LAHAN HUTAN MANGROVE DI SEBAGIAN TAMAN NASIONAL BALI BARAT MENGGUNAKAN CITRA SATELIT ALOS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s