Pengaruh Emisi Gas Buang Terhadap Perubahan Iklim

FIRMAN SETIAWAN
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
Prodi Ilmu Kelautan
Laboratorium Ilmu dan Teknologi Kelautan

Assalamualaikum.wr.wb

Tahukah apa itu sumber emisi gas buang??? Darimana penyebab emisi gas buang itu timbul??? dan Apakah sumber emisi gas buang kendaraan itu berpengaruh terhadap perubahan iklim dan keadaan sekitar kita???

Mungkin sebelum kita mengkaji pengaruh sumber emisi gas buang  terhadap perubahan iklim dan keadaan sekitar kita, kita harus mengetahui apa dan darimana emisi gas buang itu timbul. Secara singkatnya :

Emisi gas buang merupakan sisa hasil pembakaran mesin kendaraan baik itu kendaraan berroda, perahu/kapal dan pesawat terbang. Biasanya emisi gas buang ini terjadi karena pembakaran yang tidak sempurna dari sistem pembuangan dan pembakaran mesin serta lepasnya partikel-partikel karena kurang tercukupinya oksigen dalam proses pembakaran tersebut.

Sumber emisi gas buang itu sendiri berupa H₂O (air), HC (senyawa hidrat), gas CO (karbon mooksida), CO₂ (karbon dioksida), dan NOx (senyawa nitrogen oksida). Untuk lebih jelasnya akan di uraikan sumber-sumber emisi itu dihasilkan …

1. H₂O

H₂O merupakan hasil pembakaran sempurna dari bensin (senyawa hidrokarbon) yang bereaksi dengan oksigen. Pernahkah kalian mendengar istilah ”mesin banjir pada kendaraan bermotor?” mesin itu banjir karena adanya H₂O yang merupakan sisa hasil pembakaran yang tidak terbuang sehingga mengakibatkan mesin itu tidak menyala dan akibat banyaknya H₂O yang tidak terbuang proses pembakaran pada mesin akan terhambat dan dapat menghasilkan emisi-emisi gas yang lain.

2. HC
HC merupakan ikatan hidrokarbon berupa senyawa hidrat arang yang dihasilkan akibat proses pembakaran yang tidak sempurna dan sisa hasil pembakaran yang tidak terbuang. Selain itu akibat proses pembakaran  pada HC yang tidak sempurna, akan menghasilkan gas-gas buang yang berbahaya bagi kehidupan baik itu pada manusia itu sendiri maupun pada iklim. Gas-gas buang itu diantaranya CO (karbon monooksida) dan NOx (nitrogen oksida). HC (senyawa hidrat) ini hanya akan bereaksi dengan oksigen pada pembakaran sempurna dan akan menghsilkan CO₂ (karbon dioksida) dan H₂O (air) serta Nitrogen keluar sebagai N₂.
Reaksinya :
HC (l)     +  O₂ (g)     →     CO₂ (g)        +     H₂O (aq)
Adapun kemungkinan penyebab emisi HC ini tinggi dan dapat menimbulkan gas-gas buang lain yang berbahaya diantaranya karena Catalytic Conventer (CC) pada kendaraan tidak berfungsi dan AFR (Air to Fuel Ratio) yaitu rasio perbandingan antara udara dan  bensin yang tidak tepat sehingga mengakibatkan bensin tidak terbakar sempurna di ruang bakar.

3. Gas CO (karbon monooksida)

Gas CO (karbon monooksida) merupakan gas yang beracun yang relative dan mudah bereaksi dengan unsur lain dan karbon monooksida ini timbul akibat berkurangnya campuran udara dalam proses pembakaran atau akibat proses pembakaran pada HC yang tidak sempurna, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. CO (karbon monooksida) ini dapat membahayakan kesehatan pada manusia karena C dan O ini saling berikatan kovalen tapi tidak memenuhi kaidah oktet maupun duplet dan sangat mudah bereaksi dengan unsur lain. Tetapi emisi CO (karbon monooksida) pada kendaraan ini dapat dikurang dengan mengubahnya ke CO₂ dengan bantuan sedikit tambahan oksigen dan panas pada mesin. Biasanya gas CO ini berupa asap hitam yang di keluarkan kendaraan melalui knalpot kendaraan.

4. Gas CO₂ (karbon dioksida)
Gas CO₂ (karbon dioksida) merupakan hasil proses pembakaran sempurna dari bensin atau HC (senyawa hidrat) dengan O₂ (oksigen). Konsentrasi CO₂ semakin tinggi maka akan semakin baik, hal ini menunjukan secara langsung status proses pembakaran di ruag bakar pada mesin kendaraan. Sumber CO₂ ini hanya dari ruang bakar pada mesin dan CC. Tetapi pada keadan tertentu konsentrasi CO₂ yang tinggi ini akan berbanding terbalik dengan keadaan iklim di luar sana. Karena CO₂ merupakan sumber emisi terbesar gas rumah kaca.

5. Gas NOx (senyawa nitrogen oksida)
Gas NOx (senyawa nitrogen oksida) adalah ikatan kimia antara nitrogen dan oksigen. Senyawa NOx ini dihasilkan karena tingginya konsentrasi oksigen dan suhu di ruang bakar. Dalam kondisi normal atmosfer, nitrogen adalah gas inert yang amat stabil yang tidak akan berikatan dengan unsur lain. Tetapi dalam kondisi suhu tinggi dan tekanan tinggi dalam ruang bakar, nitrogen akan memecah ikatannya dan berikatan dengan oksigen. Emisi senyawa NOx ini sangat tidak stabil dan bila terlepaske udara bebas, akan berikatan dengan oksigen dan membentuk NO₂. senyawa ini lah yang sangat berbahaya karena beracun dan bila terkena air akan  membentuk senyawa nitrat

Nah, mungkin dari situ kita tahu bahwa sumber-sumber emisi gas buang pada kendaraan ini saling berhubungan satu sama lain. Apabila proses pembakaran itu tidak sempurna maka akan menimbulkan gas-gas emisi gas buang seperti HC, CO dan NOx. Emisi-emisi ini sangat berbahaya bagi keadaan sekitar kita karena mengandung senyawa beracun, ini akan berdampak pada kesehatan makhluk hidup baik itu manusia, hewan dan tumbuhan. Tapi yang lebih merasakan dampaknya adalah manusia karena manusia sehari-harinya selalu berhubungan dengan kendaraan dan jalan raya. Sedangkan apabila proses pembakaran itu sempurna akan menghasilkan emisi gas CO₂ dan H₂O . Emisi gas buang CO₂ ini yang apabila terus meningkat akan menimbulkan perubahan iklim.

Lalu apakah pengaruhnya terhadap perubahan iklim?
Seperti yang kita ketahui bahwa perubahan iklim akibat adanya pemanasan global atau global warming yang diakibatkan suhu permukaan bumi ini meningkat oleh berlebihnya CO₂ sebagai sumber emisi terbesar dan gas-gas/senyawa lainnya yang menjadi efek rumah kaca terhadap bumi ini sendiri. Ada fakta menyebutkan sumber emisi gas buang (transportasi) ini menyumbang 13% dari total sumber emisi di seluruh dunia. Ini merupakan penghasil emisi terbesar kedua setelah gas rumah kaca setelah peternakan yang menyumbang 18%. Dari sini kita tahu bahwa emisi gas buang baik dari CO₂ maupun dari H₂O, CO, HC dan NOx sangat berpengaruh terhadap perubahan iklim ini. Kita tanpa sadar alat transportasi yang kita gunakan itu menyumbang gas CO₂ dan gas-gas lainnya yang dapat mengakibatkan perubahan iklim dan akan tersa dampaknya oleh kita sendiri baik sekarang dan masa yang akan datang.

Maka untuk mengurangi pengaruh emisi gas buang kendaraan ini kita dapat melakukan mitigasi sejak dini seperti melakukan tes uji standar emisi gas buang terhadap kendaraan secara berkelanjutan, melarang menggunakan kendaraan tidak layak pakai yang menghasilkan gas buang berlebih, mengembangkan teknologi ramah lingkungan dan perawatan terhadap mesin kendaraan.

JAGALAH LAUT KITA DAN JAGALAH BUMI KITA !!!

ONE MAN ONE TREE !!!

key words : gas buang, sumber emisi , emisi gas buang…

Referensi :
http://www.saft7.com
http://www.wikipedia.com
http://cepot.wordpress.com/2007/02/23/mesin-vs-emisi-gas-buang/

44 thoughts on “Pengaruh Emisi Gas Buang Terhadap Perubahan Iklim

  1. Asslmkm.
    sebuah tulisan yang mencerahkan pemahaman saya,
    menurut Anda, seperti apa kebijakan yang pemerintah ambil terkait perubahan iklim ini dengan banyaknya kendaraan yang ada pada saat ini?
    lalu bagaimana seharusnya kebijakan yang pemerintah terapkan untuk meminimalisir dampak perubahan iklim khususnya dalam hal kendaraan?
    terimakasih.

    • wassalamualaikum.wr.wb
      terima kasih klo begitu …
      menurut saya pemerintah harus lebih memperhatikan lebih jauh lagi tentang emisi gas buang pada kendaraan ini ,karena kadang kala pemerintah lalai dan lebih fokus pada satu kajian seperti halnya dalam bidang industri dan peternakan yang menyumbang lebih besar CO2. kebijakan yang bisa diambil adalah dengan meminiimalisir produksi kendaraan dan memperhatikan perusahaan-perusahaan otomotif agar produksi kendaraan itu lulus uji standar emisi gas buang serta pemerintah melarang pemakaian kendaraan yang sudah tidak layak pakai yang sering kali menimbulkan polusi dan gas buang…dengan begitu dalam bidang transportas/kendaraan ini dapat meminimalisir terjadinya dampak perubahan iklim..
      mungkin itu yang saya dapat jelaskan, kurangt lebihnya mohon maaf.
      dimohon saran dan kritik lebih lanjut untuk membangun .terima kasih

  2. terima kasih saudaraku..
    telah mem-posting tulisan ini..

    disini saya mau bertanya..
    adakah upaya lain untuk mengurangi konsumsi bahan bakar srta emisi gas buang.selain yang dijelaskan di atas..??

    • iah sama2 semoga berguna …hehe
      banyak upaya yang bisa dilakukan,,mungkin dengan mengembangkan teknologi ramah lingkungan lah yang bisa mengurangi emiisi gas buang dan bahan bakar juga.
      oia para teknisi juga sekarang sudah bayak mengembangkan kendaraan yang berbahan bakar dari tumbuhan/biofuel …
      mohon kritik dan saran untuk membangun menjadi lebih baik ..
      terima kasih

  3. tulisan yang sangat menarik,,,,saya mau bertanya sedikit,,bagaimana menurut pandangan anda terhadap pengaruh dalam tulisan tersebut bagi masyarakat tertinggal atau maksud saya masyarakat yang kurang paham terhadap hal tersebut???

    apa upaya pemerintah kita sendiri untuk menghadapi hal terserbut diatas??

    terima kasih,,,

    • iah makasih semoga aja dapat berguna…terima kasih atas pertanyaannya
      menurut saya orang2 yang kurang paham dengan pengaruh gas buang pada kendaraan tersebut, mereka mungkin akan menyadari dengan keadaan
      yang ada pada saat ni karena pada kenyataannya perubahan iklim atau global warming ini sudah menjadi topik utama dan penyebab2nya serta dampaknya
      pun sudah issue publik sekarang ini…walaupun mereka tidak tahu mereka setidaknya tidak akan menimbulkan penghasil emisi gas buang itu sendiri…karena
      dari setiap kendaraan itu sudah ada uji standar emisi …
      untuk pertanyaan kedua…dari pemerintah mungkin harus mengadakan uji standar emisi secara berkelanjutan terhadap kendaraan baru maupun kendaraan lama
      dan publikasi ke masyarakat tentang pengaruh emisi gas buang terhadap perubahan iklim…
      mungkin hanya segitu yang saya dapat jelaskan ..mohon kritik dan saran untuk membangun ..
      terima kasih….

  4. suka pman ma artikelnya ..
    eh tapi mu nanya , trus pman sendiri udah melakukan apa untuk mengurangi gas buang yang pman jelasin itu ? atau usaha simple apa c yang harus kita lakukan agar gas buang itu bisa terkendali?

    • suka pman nya atau artikel nya??hahaha klo bikin pernyataan yang jelas.xp
      untuk pertanyaaan nya, mungkin pman setidaknya bisa merawat mesin motor dan mobil pman agar tidak mengeluarkan gas buang terus kklo bisa bensin yang digunain pake pertamax plus biar pembakarannya sempurna…
      iyah di usahakan untuk merawat mesin kendaraan kita dan tidak aneh2 dalam merombak kendaraan..untuk pertanyaan kedua usaha simplenya kita bisa melakukan uji gas emisi buang secara berkelanjutan …dan apabila motor kita rusak pada bagian mesin kita segera mungkin untuk memperbaikinya …kayanya hanya segitu yang bisa dijelasin.kurang lebihnya mavin y…makasih

    • terima kasih ayuu …semoga aja nilai nya juga bisa bagus ..hehe
      maksud dari laut itu apa y??sebenernya dari laut itu sendiri ga menghasilkan gas emisi buang, malah laut menjadi penyeimbang dan bahkan berfungsi untuk penyerap karbon …makanya jagalh laut kita y !!
      klo dari limbah dan mesin kendaraan seperti perahu dan kapal2 itu menghasilkan gas buang dan itu dapat mencemamri laut kita …mungkin itu yang dapat dijelasin ..save our sea,,sea love we

  5. wahh,,pman saja bisa sadar lingkungan,,
    pasti kita semua bisaa!!
    untuk menjaga bumi kita bersama. . .

    • okaiii …
      STOP GLOBAL WARMING !!!
      JAGALAH LINGKUNGAN KITA
      LAUT KITA
      BUMI KITA
      DAN SEMUA YANG KITA MILIKI …

      one man one tree !!!

  6. mau Nanya ni lur. . .

    Sebenarnya emisi yg sangat berpengaruh terhadap lapisan ozon jenis mana? ? yg sangat mudah mengikis lapisan ozon ,, maksudnya? ? apa alasannya?

    • iah lur …sebenernya yang paling berpengaruh terhadap lapisan ozon adalah emisi gas buang CO2 karena seperti yang kita ketahui CO2 merupakan sumber emisi gas rumh kaca juga … klo sumber emisi gas buang lainnya berpengaruh ke kesehatan dan merugikan kita sebagai manusia yang menghirup udara itu…
      maka dari itu jaga lah mesin kendaraan anda pergunakan bahan bakar ramah linkungan dan JAGALAH LAUT KITA DAN JAGALAH BUMI KITA !!!
      kurang lebih mohon mav dan mohon kritik dan saran lebih lanjut untuk membangun …
      nuhun lur

  7. wah lur artikelnya bagus,,,,
    cukup mudah di mengerti….

    gini lur ada pertanyaan,,mengenai emisi gas buang,,,
    bagaimana ikatannya sehingga gas karbon monoksida ini bisa menjadi penyebab global warming?????
    dan adakah bahan bakar ramah lingkungan dari laut,,???
    karena kita tau kan bahwasanya bahan bakar yang asalnya dari laut menghasilkan efek samping yang merugikan bagi kita semua!!!
    thx ya man,,,,

    • Iiah makasih lur semoga bermanfaat …
      ouh mengenai gas karbon monooksida y.
      gas karbon monooksida ini dihasilkan akibat tidak sempurna nya proses pembakaran pada mesin yang diakibatkan berkurangnya campuran udara dalam proses pembakaran…mungkin gas karbon mooksida ini tidak secara langsung penyebab global warming tapi lebih berbahaya klo terhirup oleh manusia karena CO ini mudah sekali berikatan dengan unsur lain …
      untuk pertanyaan kedua saya juga belum tahu lebih jelas nya,, tapi pernah saya membaca para ahli sedang mengembangkan teknologi ramah lingkungan seperti yang berbahan bakar biofuel …dan klo bisa kita juga sebagai mahasiswa ilmu kelautan bisa mencari tahu adakah di laut yang menjadi potensi bahan bakar …hehe
      kurang lebih mav y ..mohon kritik dan saran lebih lanjut ..nuhun lur

    • iah terima kasih lur …
      menurut sepengetahuan saya,,
      emisi secara umum merupakan sisa hasil pembakaran pada mesin, pernapasan manusia dan hewan, pengeluaran kotoran yang dapat menimbulkan suatu gas atau senyawa yang berbahaya .emisi ini dapat berupa gas buang atau gas rumah kaca dan metana..
      kurang lebihnya mohon mav ..kritik dan saran lebih lanjut y
      nuhun lur

  8. artikel yg cukup menarik..

    namun ada beberapa pertanyaan yg saya ingin tanyakan,
    1. Bagaimana seharusnya gas emisi buangan dapat di tanggulangi tanpa merusak lingkungan ? ..
    2. Gas emisi apa saja yang dapat merugikan kehidupan selain dari gas emisi yang mengalai pembakaran tidak sempurna dari kendaraan? ..

    don’ forget cooment balik ke blog saya.

    thx

    • terima kasih semoga bermanfaat …
      gas emisi buang ini dapat di tanggulangi dengan mengadakan ui standar emisi secara berkelanjutan dan lebih baiknya melakukan rutinitas terhadap mesin agar tidak menimbulkan gas yang menyebabkan polusi, klo saja bisa pemerintah harus tegs melarang kendaraan yang sudah tidak layak pakai karena menimbulkan polusi udara…
      untuki pertanyaan ke2 ..untuk gas emisi buang gas CO NOx dan HC yang berbahaya bagi kehidupan .

      kurang lebih mohon maaf dan kritik dan saran lebih lanjut y
      haturnuhun

  9. artikelnya bagus pman…

    mau nanya nih..
    kan menurut pendapat anda upaya untuk mengurangi emisi gas buang itu dengan dengan mengembangkan teknologi ramah lingkungan.. Apa saja teknologi yang sudah dikembangkan dan dimanfaatkan di Indonesia? Apakah sudah banyak masyarakat yang menerapkannya pada kehidupan sehari-hari???

    • terima kasih sodara shifa …
      untuk pertanyaan pertama,menurut sepengetahuan saya dan sumber yang ada… teknologi ramah lingungan ini yang masih dikembangkan berupa teknologi seprti pemakaian bahan bakar dari tumbuhan atau biasa disebut biofuel, mencanggihkan mesin kendaraan agar tidak menghasilkan gas buang yang berlebihan dan tidak sama sekali serta mengadakan standar uji emisi dari awal dan secara berkelanjutan …untuk di Indnesia sendiri saya belum begitu mengetahui perkembangannya tapi untuk pemanfaatan teknologi sudah mulai dijalankan seperti uji standar emisi gas buang terhadap produksi kendaraan dan kendaraan yang sudah ada …untuk pertanyaan kedua mungkin kita sebgai masyarakt seharusnya sudah bisa menerapkannya tapi pada kenyataanya masyarakat masih belum mengerti tentang apa-apa nya tapi sebagian kecil masyarakt sudah mengerti dan sudah mulai menjaga dan merawat mesin kendaraannya .
      maka dari itu marilah kita senantiasa menjaga dan merawat mwsin kendaraan kita karena manfaatnya bukan hanya untuk lingkungan tapi untuk kita sendiri sebagai pengguna nya …
      terima kasih
      kurang lebih mohon maaf y …ditunggu kritik dan saran lebih lanjut ..

  10. nice blog ,,
    gntian nya komen na a’ ,,

    diantara negara” di dunia ini yang gas buang emisi nya paling tinggi negara mana ya a ??
    hheu
    apakah PBB salah satu organisasi yg besar di dunia tidak berbuat apa” ???

    trima kasih..

    • iah terima kasih sodara indro …
      menurut saya dan mungkin kalau tidak salah penghasil emisi gas buang terbesar adalah negara Amerika Serikat, China dan India serta masih banyak negara lagi karena dari semua negara ini menghasilkan sumber emisi gas buang dan sangat berpengaruh terhadap perubahan iklim sekarang ini. .yang menurut data yang ada sumber emisi gas buang ini merupakan penyumbang kedua terbesar sebnyak 13% sumber emisi di dunia .
      untuk pertanyaan kedua saya belum tahu pasti …tapi sepngetahuan saya negara-negara di dunia sekarang sedang gencar-gencarnya membahas perubahan iklim yang ada. contohnya mengadakan konferensi yang di Bali dan menghasilkan protokol kyoto dan konferensi-konferensi di negara lainnya .
      kurang lebihnya mohon maaf …kritik dan saran lebih lanjut y..hatur nuhun

  11. kayaknya semua udah pada nanya…jadi saya kehabisan pertanyaan…tapi bagus opini kamu..
    1. ada 1 yang menjadi tantangan sekarang, yakni emisi buangan dari gas kendaraan sedang digalakkan. bagaimana perkembangannya menurut kamu?
    2. nelayan juga memakai motor untuk melaut, apakah perlu juga dikaji masalah gas buangnya, (di beberapa daerah yang digunakan adalah campuran solar dan air, bukan solar murni), bagaimana menurut anda?

    • iah pak terima kasih semoga tulisan ini mendapat nilai yang memuaskan ..hehe
      untuk pertanyaanya…
      1. menurut saya, emisi gas buangan pada kendaraan atau uji standar emisi gas buang ni perkembangannya sudah cukup baik karena dari perusahaan-perusahaan kendaraan sudah mengalakan uji standar sejak awal produksi dan dari pemerintah pun sudah menghimbau ke masyarakat dan perusahaan agar memperhatikan emisi gas buang ini sperti mengadakan uji standar emisi secara berkelanjutan serta alangkah baiknya/seharusnya pemerintah bekerja sama dengan perusahaan perusahaan tersebut untuk memberhentikan kendaraan yang sudah tidak layak pakai karena menghasilkan gas buang yang menybabkan polusi dan menggalakan teknologi ramah lingkungan sejak dari awal produksi …
      2. menurut sepengetahuan saya pak, sudah selayaknya permasahan ini untuk dikaji karena ini sangat berhubungan dengan lingkungan laut dan perubahan iklim …pemakaian motor dengan bahan bakar campuran solar dan air ini secara tidak langsung merusak lingkungan laut dan akan tercemarnya laut itu serta apabila laut itu tercemar maka biota2 laut dan siklus yang ada akan terganggu dan akan menyebabkan perubahan iklim tersebut… campuran solar dan air itu mengakibatkan proses pembakaran pada mesin terhambat dan tidak akan sempurna sehingga akan menghasilkan gas buang yang berbahaya, mesin motor rusak terjadinya dan kebocoran pada mesin motor apabila digunakan secara terus menerus. kadang kala oli pada mesin motor itu bocor tanpa sepengetahuan pemakai dan ini menyebabkan lingkungan laut kita tercemar . maka dari itu seharusnya para nelayan dan pengguna mesin motor itu menggunakan mesin motor dengan ketentuan yang ada…
      kurang lebih nya mohon maaf ya pak … mohon kritik dan saran lebih lanjut untuk menjadi lebih baik dan terus membaik.
      terima kasih

  12. Syarat UAS Meteorologi
    1. Deadline pengumpulan adalah tanggal 5 January 2010,
    2. Isi diprint dan dikumpul pada tanggal 7 January 2010, ke bu lintang atau pak Noa,
    3. Pertanyaan (komentar) dan jawaban diprint di lembar terpisah,
    4. Link diprint dalam lembar terpisah,
    1. Pembangunan blog 30%
    a. Pembangunan awal blog 40%
    b. Isi
    2. Link 5%
    a. Komentar 5%
    b. Sustansi 10%
    c. Jawaban pertanyaan 10%

  13. artikel nya bagus..
    pengen nanya,
    dari gas buang yang pman sebutin tadi, yang mana yag paling berbahaya bagi lingkungan maupun bagi kesehatan kita?
    nah, bagaimana cara kita menanggulangi gas itu agar bisa berkurang?
    makasiih..
    tolong comment wordpress aku yah.. :))

    • terima kasih semoga bermanfaat ya …
      untuk pertanyaan pertama, dari emisi gas buang itu sebenarnya semua gas buang itu berbahaya baik itu buat lingkungan maupun kesehatan kita …yang paling berbahaya buat lingkungan adalah gas CO2 karena merupakan sumber emisi gas rumah kaca , sedangkan untuk kesehatan adalah gas CO dan NOx karena gas ini sangat mudah berikatan dengan unsur lain..oia perlu diingat gas emisi buang pada kendaraan ini dihasilkan karena proses pembakaran yang tidak sempurna dan semua gas buang ini dihasilkan karena saling berhubungan satu sama lain pada proses pembakaran mesin …
      untuk cara menanggulanginya dengan mengadakan uji standar emisi gas buang secara berkelanjutan dan teknologi ramah lingkungan ..untuk lebih jelas nya bisa dibaca artikelnya lebih jelas atau lihat jawaban komentar teman2 yang lain..hehe
      kurang lebih nya mohon maaf …kritik dan saran lebih lanjut ya
      hatur nuhun

  14. artikel yang cukup menarik dan menambah wawasan.
    sya nau tanya,,dari ke 5 contoh emisi gas buang di atas manakah yang paling berpotensi merusak dan mengubah iklim itu sendiri,,,dan apa masih ada sumber emisi gas buang lain selain yang 5 tersebut????terimakasih.

    • terima kasih semoga bermanfaat …
      emisi yang lebih berpotensi merusak lingkungan adalah gas CO2 karena merupakan sumber emisi gas rumah kaca seperti yang sudah kita ketahui…
      untuk sekarang mungkin sumber emisi gas buang itu cuman segitu dan berharap tidak ada lagi gas buang yang dapat merusak lingkungan dan kesehatan kita akibat polusi..
      kurang lebih nya mohon maaf …kritik dan saran lebih lanjut ya
      hatur nuhun

  15. terimakasi sodara P.man…
    artikelnya sudah memberi wawasan baru untuk saya..

    gini p.man,,
    selain keracunan,, apakah ada dampak langsung yang terjadi karena emisi gas bang terhadap manusia??
    apakah bisa emisi gas buang ini mengakibatkan manusia kehilangan nyawa nya??
    mengapa??

    • terima kasih semoga bermanfaat …
      untuk pertanyaan pertama, untuk dampak secara langsungnya mungkin tidak ada tapi kalau secara tidak langsung akan berdampak berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan kita apabila gas buang ini terus menerus dihasilkan dan tidak ada pencegahan pengurangan dari polusi udara ini..
      menurut sepengetahuan saya sampai saat ini belum menemukan manusia mati akibat emisi gas buang tapi kalau orang-orang yang terkena damapknya sudah banyak tapi tanpa kita sadari…
      kurang lebih nya mohon maaf …kritik dan saran lebih lanjut ya
      hatur nuhun

  16. artikel yg menarik dan dapat menambah wawasan,,,
    saya mau tanya masalah gas emisi dari kendaraan,,,banyak sekali tampat2 untuk menghitung kadar emisi kendaraa,tetapi banyak juga kendaraan yg tidak mau ke tempat tersebut,,,menurut anda bagaimana upaya pemerintah dalam menanggapi masalah ini???
    terimakasih….

    • terima kasih semoga bermanfaat …
      iah mengenai pertnyaan sodara menurut saya, upaya yang harus dilakukan pemerintah adalah lebih intensif dan hyper aktif lagi menggalakan uji standar emisi tersebut dan lebih mengajak masyarakatnya untuk menguji kadar emisi kendaraannya dengan sering mengadakan uji standar emisi di setiap bulannya di selruh kota dan alangkah baiknya ini dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan … contohnya saja sekarang di jakarta sudah sering mengadakan uji standar emisi dan seharusanya di kota-kota lain pun harus mengikutinya …
      kurang blebihnya mohon maaf dan mohon kritik dan sran lebih lanjut…
      hatur nuhun

  17. assalamualaikum ,,,,

    what a good blog i see

    saya sedikit ingin bertanya mengenai tulisan anda ,,

    apakah pengaruh dari gas CO2 yang terakumulasi di atmosfer dapat menyebabkan terjadinya perubahan terhadap proses2 yang terjadi di atmosfer ??

    terima kasih ,,,,

    • waalaikumsalam kum …
      thx semoga bermanfaat y…
      saya akan mencoba menjawab pertanyaan sodara, menurut sepengetahuan saya CO2 yang terakumulasi akan menyebabkan perubahan proses-proses yang terjadi di atmosfer karena apabila Co2 tersebut terus meningkat dan di atmosfer terjadinya efek rumah kaca maka lama kelamaan lapisan2 atmosfer itu akan terkikis dan semkin menipis . nah ini lah yang menyebabkan global warming tersebut dan akn berdampak pada bumi itu sendiri…
      maka dari itu jagalah laut kita dan jagalah bumi kita !!! STOP GLOBAL WARMING NOW !!!
      kurang lebihnya mohon maaf dan kritikdan saran lebih lanjut y..
      hatur nuhun

    • terima kasih semoga bermanfaat bray …
      saya akn mencoba menjawab , sebenernya sudah banyak tindakan nyata yang dilakukan pemerintah dan lembaga2 lainnya untuk mengurangi emisi gas buang ini sperti uji stndar emisi gas buang tapi pada kenyaatannya itu rame hanya awalnya saja dan perkembangannya belum efektif dan signifikan..pemerintah seharusnya lebih hyper aktif untuk menggalakannya ..
      mengenai undang-undangntya sudah ada tapi saya belum tahu pasti undang2 nomor berapa dan tahunnya juga ntar aja saya cari lebih lanjut lagi…hehe
      kurang lebihnya mohon maaf dan kritikdan saran lebih lanjut y..
      hatur nuhun

  18. artikelnya bagus banget man…
    tergugah rasanya saya ingin menanyakan sesuatu yang berkaitan dengan isi artikelnya,
    senyawa nitrat seperti ap yang sangat beracun dan membahayakan manusia itu man,contoh nyata yang sering kita temukan gitu men sehari-hari yang mungkin kita tidak menyadari kalau itu sangat berbahaya bagi kesehatan dan kelangsungan hidup manusia,
    terima kasih!!!

    • terima kasih semoga bermanfaat aja y …
      senyawa nitrat itu terdapat di emisi gas buang Nitrogen oksida (NOx) yang larut dalam asam nitrat dan sifat ini mempengaruhi semua sifat fisik asam nitrat yang tergantung pada konsentrasi oksida.
      contoh nyatanya akan mengalami sesak nafas, dan apabila terus menerus terhisap tanpa sadar akan mengalami serangan jantung…
      kurang lebihnya mohon maaf dan kritikdan saran lebih lanjut y..
      hatur nuhun

  19. jadi gini man….
    saya lihat banyak koment2 yang merujuk pada pembuangan gas pada kendaraan bermotor saja,,,yang saya tanyakan,,apakah emisi gas yang di hasilkan oleh pabrik2 juga harus memiliki uji standarnya???
    padahal kita tahu kan banyak pabrik2 ntah itu di darat ataupun di laut yang paling banyak mengeluarkan gas2 kimia sebagai limbahnya,,,
    thx ya man,,,,
    komen2 oge ah…
    meh tugasnya pada bagus!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s